Pemicu Utama Nyeri Panggul Pada Wanita

Gangguan nyeri panggul mungkin pernah dialami setiap wanita. Kondisi ini biasanya semakin buruk ketika memasuki masa menstruasi. Meskipun sebenarnya, pemicu nyeri bukan hanya menstruasi.

Wajib bagi Anda para wanita untuk mengetahui apa saja pemicu nyeri panggul. Tentunya, agar lebih waspada karena bisa jadi nyeri tersebut bukan gejala ringan tapi pertanda penyakit serius. Berikut lima pemicu utama nyeri panggul pada wanita, seperti dilansir dari healtmeup.com

1. Kram

Kondisi ini sangat umum terjadi sebelum dan selama menstruasi. Penyebabnya adalah produksi hormon prostaglandin, yang berfungsi membantu kontraksi otot sehingga keluarnya darah menjadi lebih lancar. Kadang, kontraksi ini memicu diare, mual hingga muntah sebelum menstruasi.

2. Infeksi panggul

Infeksi panggul dapat menyebabkan jaringan parut dan nyeri selama masa ovulasi. Kondisi ini biasanya terjadi ketika selama masa ovulasi. Kista kecil di ovarium berkembang dan memicu nyeri di daerah panggul.

3. Fibromyalgia

Anda mungkin menderita fibromyalgia jika mengalami nyeri panggul konstan, selalu gelisah dan tubuh seringkali terasa lelah. Gangguan ini juga sering dikaitkan dengan gejala nyeri vagina yang ekstrim, sakit di kandung kemih insomnia. Satu-satunya cara untuk mendeteksi fibromyalgia adalah melakukan tes media sinar-X. Segera berkonsultasi dengan dokter Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

4. Panggul tidak stabil atau endometriosis

Saat melahirkan normal, kondisi ligamen meregang, sehingga bayi dapat keluar. Hal ini menyebabkan ketidakstabilan sendi panggul dan menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri. Pemicu nyeri lainnya adalah endometriosis yaitu kondisi di mana lapisan rahim berkembang tepat di luar rahim. Kondisi tersebut menyebabkan nyeri panggul yang seringkali ekstrim selama masa menstruasi atau berhubungan seksual.

5. Irritable bowel syndrome

Kembung dan sakit perut merupakan gejala utama irritable bowel syndrome. Biasanya terjadi setelah makan atau sebelum buang air besar. Terkadang, disertai diare atau sebaliknya, sulit buang air besar.


SUMBER

Leave a Reply

Kalau sobat udah selesai membaca Artikel di atas silahkan berikan komentar sesuai isi Artikel dan mohon untuk tidak SPAM karena tindak SPAM di larang agama hehehee. Oya ingat berkunjung tiap hari disini yah sobat...

    Statistik

    Review http://www.nickyoktavian.com/ on alexa.com
    Protected by Copyscape Online Copyright Search
    Check PageRank
    powered by
    Socialbar

    Category

    (3) (64) (17) (90) (11) (60) (2) (21) (82) (3) (169) (17) (6) (3) (19) (60) (23) (3) (4) (5) (36) (48) (14)